Kaki bukan cuma untuk Berjalan, rawatlah !!

          Bunda, alhamdulillah jika kita masih memiliki kaki yang utuh dan lengkap, yang bisa membawa kita kemana saja yang kita mau. Namun tahukan bunda jika kak sangat berperan bagi tubuh kita, bukan hanya sebagai penompang tubuh agar mampu berdiri. Sepasang kaki mampu membawa seseorang mengunjungi lokasi-lokasi yang belum pernah didatangi.
          Namun, dibandingkan anggota tubuh lainnya, mungkin perawatan kaki merupakan hal kesekian yang mendapatkan perhatian. Bahkan, tidak jarang seseorang mencederai kaki dengan kebiasaan-kebiasaan buruk, misalnya menggunakan sepatu yang sempit, yang ber-hak tinggi (high heels), dan tidak atau justru malas mengganti kaus kaki atau sepatu.
          Kebiasaan ini bisa memicu sejumlah masalah pada kaki. Sebagai contoh, jika terlal sering mengenakan high heels dan berdiri terlalu lama, anda bisa mengalami varises atau justru cedera otot. Malas mengganti sepatu atau kaus kaki juga dapat memicu penyebaran kuman disekitar kaki. Kemalasan ini bisa menimbulkan bau kaki serta gangguan lainnya seperti panu dan kutu air.
          Padahal, tugas kaki tergolong berat. Bayangkan, dalam sehari, kaki menompang tubuh saat berdiri, berjalan, berlari, naik tangga, menari atau melompat. Aktivitas ini bila dilakukan dalam waktu berjam-jam bisa menguras energi pada bagian kaki.

          Melihat peran dan fungsi kaki, perawatan apa yang telah bunda lakukan untuk organ yang satu ini ? Mencuci kaki dengan sabun saat mandi telah umum. Diambah dengan pengolesan lotion. Namun, perawatan lainnya sperti memijit atu merendam kaki dengan air hangat tergolaong jarang dilakukan. Padahal, perawatan sederhana ini dapat membantu memperlancar sirkulasi darah pada kaki.
          Selain itu, dari mencermati kaki, bunda bisa juga mengenali sejumlah penyakit yang menyerang. Misalnya, diabetes dan stroke atau gangguan kesehatan lain seperti ketidakseimbangan hormon, obesitas penyakit ginjal, rematik hingga kekurangan gizi tertentu. [*/MIL]

Re-write from Klasika - Harian Kompas, tgl 17 Juni 2014.

kaki-300x300
Menyambung tentang perawatan kaki, iklan dikit ^__^ Oriflame punya sejumlah produk perawatan kaki yang bermerk FEET UP, untuk menjaga kesehatan kaki, minimal mencegah dari aroma yang tidak sedap. Mulai dari Scrub kaki, sabun, lotion, bedak, hingga perawatan yang lebih advanced... 
Standar perawatan kaki yang baik adalah :
  1. SCRUB yang berfungsi mengangkat kulit kasar dan sel-sel kulit mati dengan scrub kaki yang lembut. Eksfoliasi menjadikan kaki terasa lebih bersih, halus, lembut, dan segar. Penggunaan Scrub ini bisa dilakukan 2 kali seminggu
  2. FOOT CREAM yang berfungsi melembabkan kulit bagian kaki dan memberikan nutrisi. Cari krim yang mudah menyerap, wangi dan kaya vitamin untuk membantu menutrisi, melembabkan, dan menyegarkan kaki. 
  3. FOOT POWDER jadi tidak hanya wajah atau badan saja yang di berikan bedak, namun kaki juga perlu untuk membantu menyerap keringat yang berlebih, penyebab bau tak sedap pada kaki.
Untuk kaki yang pegal-pegal jika aktifitasnya di kantor atau di rumah banyak jalan atau berdiri, kaki bisa di buat relax atau ditenangkan dengan perawatan sbb :
  1. FOOT SPRAY/STIMULATING COOLANT, yang berfungsi Menyejukkan dan menyamankan kaki yang pegal-pegal dan kaku, foot spray juga memberi rasa segar dan mencegah aroma kaki. Formulasi inovatif dengan Chill-Action Technology, dengan sensasi menyejukkan.
  2. Rendam kaki dengan air hangat ditambah sedikit garam, hal ini bisa membuta peredaran darah di kaki lebih lancar, kaki menjadi lebih rilex. Bisa di tambahkan kedalam air aroma terapi agar bisa membantu menenangkan badan.
Jangan lupa gunting kuku setiap minggu dan ganti kaus kaki juga sepatu secara rutin bunda, agar kaki tetap sehat.

Selamat beraktifitas 
^_^