Persiapan Kelahiran

Bunda sudah memasuki trimester terakhir dan mulai mempersiapkan kelahiran sang buah hati ? Persiapan untuk menghadapi persalinan biasa dilakukan di bulan ke-8 kehamilan. Karena tidak sedikit bunda melahirkan di luar tanggal perkiraan dokter atau Hari Perkiraan Lahir (HPL). Ada yang lebih cepat 1 - 2 minggu, bahkan ada yang lewat dari HPL. Nah agar bunda lebih tenang saat akan berangkat melahirkan, persiapkan hal-hal berikut ini sejak usia kandungan 35 minggu

MENYIAPKAN TEMPAT PERSALINAN

Memasuki trimester ketiga, aktiflah berdiskusi dengan dokter kandungan seputar proses persalinan. Idealnya cari dokter yang Pro kelahiran spontan (normal) ya bunda. Namun jangan memaksa juga jika ternyata kondisi kandungan atau kesehatan bunda dan janin tidak memungkinkan untuk dilakukan persalinan secara normal. Kita harus proaktif menanyakan berbagai informasi ke dokter kandungan seputar persiapan melahirkan dan pasca melahirkan.

Selain itu juga, kita harus menentukan lokasi Rumah Bersalin (RS) tempat kita melahirkan si kecil. Jika bunda sangan suka dengan dokter kandungan yang selama ini merawat kita, cari lokasi RS dimana beliau praktek yang jarak tempuhnya paling dekat dengan lokasi rumah kita bunda. Jika perlu, suami perlu survey ke lokasi, untuk melihat traffic sepanjang jalur menuju RS sekaligus di RS menanyakan informasi apa yang perlu disiapkan, apa perlu mendaftar terlebih dahulu atau bisa langsung masuk. Perlu dikonfirmasi juga jika bunda atau suami menggunakan Asuransi, apakah RS tersebut mengcover asuransi yang kita pergunakan atau tidak. Hal ini untuk meminimalisir birokrasi yang mungkin akan dialami saat kita masuk nanti.
Selain jarak dan sistem administrasi RS, dalam menetapkan pilihan RS untuk melahirkan si kecil, bunda perlu melihat kebijakan RS tersebut. Apakah RS tersebut Pro-ASI, melaksanakan Inisiasi Menyusui Dini (IMD) dan rawat gabung atau tidak.
Pertimbangan lain adalah fasilitas yang disediakan RS, seperti kamar inap, kantin, dan juga tempat menunggu selama proses persalinan. 

MENYIAPKAN BARANG BUNDA DAN BAYI

Siapkan tas yang akan dibawa saat bunda berangkat ke RS berikut dengan isinya. Pastikan tidak hanya barang bunda yang terbawa, juga pakaian untuk si kecil. Berikut barang bunda yang perlu dibawa :
  • Baju tidur dengan kancing di depan (untuk menyusui) dalam jumlah yang cukup. untuk kelahiran normal, biasanya bunda harus menginap maksimal 2 hari. Untuk caesar bisa sampai 1 minggu
  • Baju untuk pulang
  • Pakaian dalam, bra menyusui dan breast pad
  • Gurita atau korset
  • Pembalut khusus setelah melahirkan
  • Keperluan mandi dan make up seperlunya
  • Alat pompa ASI (jika perlu)
  • Bahan bacaan untuk teman pengusir bosan
  • Kartu rumah sakit, identitas diri, ponsel dan daftar nomor telepon penting.
Barang untuk sikecil :
  • Popok kain, atau popok sekali pakai ukuran newborn secukupnya
  • Baju, celana, dan topi bayi (Baju pulang RS)
  • Diapers untuk pulang RS (clothdiapers maupun washable).
  • Kaus kaki, sarung tangan, dan selimut.

Selama kita ada di RS, biasanya keperluan bayi dan baju bayi akan di tanggung oleh pihak RS. Jadi kita perlu bawa baju pulang RS saja untuk si kecil.


Siapkan diri bunda, dan jangan panik...
Ingat semua bunda pada dasarnya bisa melahirkan, karena sudah sunatullohnya begitu.
Enjoy your pregnancy sampai lahirnya si kecil ke dunia ^__^

(eRKa)