Kapan Harus memompa ASI untuk Ibu Bekerja



Dear Bunda,
Salah satu dilema wanita pekerja yang baru saja melahirkan baby cantik adalah keinginan memberikan ASI hingga 6 bulan eksklusif. Namun cuti melahirkan biasanya hanya terbatas 3 bulan kaann....? 

Dan sering sekali pertanyaan yang sama diajukan, kapan ya saya mulai memompa ASI untuk baby kecil saya :)

Bunda, start untuk memompa ASI dalam rangka menyediakan ASIp untuk sang buah hati tidak ada ketentuannya, tergantung profesi pekerjaan kita.
Bunda yang tau seperti apa ritme kerja di kantor dan keleluasaan memompa di kantor.


Untuk sekadar sharing :
1. Profesi yang sering keluar kantor (Audit/market visit)
Jika bunda berprofesi yang sering keluar kantor, entah visit/audit sana-sini, atau tinjauan kelapangan atau apapun, perlu prepare Stock ASI cukup banyak, karena bunda akan banyak spending waktu dijalan dan agak sulit melakukan pemompaan selama bekerja. Jadi harus dipastikan jumlah ASI cukup selama bunda bekerja dan sampai ke 6 bulan. Disarankan paling lambat 1 bulan sejak kelahiran buah hati anda, atau 2 bulan sebelum masuk kerja lagi, bunda bisa mulai memompa. 
Terlalu lama ?
Tidak juga, karena waktu simpan ASI bisa sampai 3 bulan, dan stok ASI pertama bisa dijadikan bahan untuk percobaan breastfeeding dengan botol :) 

2. Profesi stay di kantor
Untuk profesi yang satu ini lebih mudah walaupun dengan tingkat stress yang sangat tinggi. Dengan keberadaan Bos yang selalu ada di kantor, ditambah load kerja yang tidak ada habisnya, bunda yang bekerja dikantor lebih perlu mewaspadai pengaruh stress terhadap jumlah ASI daripada waktu memompa ASI
Untuk profesi yang satu ini dianjurkan 2 bulan atau 1 bulan sebelum bunda bekerja, bunda bisa mulai memompa ASI untuk Stock. Namun jika load pekerjaan dan cara kerja di kantor yang tidak memungkinkan untuk bunda memompa dalam rentang waktu terjadwal, bunda bisa mengikuti timing bunda yang kerja di luar kantor dalam rangka memompa ASI untuk stock.

3. Profesi free lance / teacher di satu lembaga pendidikan
Klo yang ini seharusnya lebih flexible yah bund, saat bekerja bisa pumping diantara jadwal ngajar atau berkegiatan yang waktunya diatur sendiri :)
Saya sebutkan di Satu lembaga, karena jika anda pengajar privat agak repot, karena sama seperti profesi yg sering keluar kantor. Dimana bunda harus moving dari 1 lokasi ke lokasi mengajar yang lain atau dari satu tempat kerja ke tempat kerja free lancer lain. Untuk profesi yang satu ini, 2 minggu sebelum masuk kerja juga bisa koq stock. Jadi mungkin jika tiap hari bisa stock 1 botol, bunda bisa punya stok ASI 14 botol sebelum masuk kerja. Dan itu cukup karena waktu mompa dikantor bisa dilakukan kapans aja.

Trus gimana penyimpanannya, kapan ngasih ASI-nya, kita lanjut ke seri artikel yang lain yaah ;)

Semangat pumping ya bunda, dan jangan stress biar stock ASI banyaaak..... 
^_^