Manajemen ASI Perah


Haaii..... Ketemu lagi bunda, 
Kali ini sharing tentang manajemen ASI perah. Bunda ibu bekerja atau bunda yang punya segudang aktifitas diluar rumah ? Dan harus meninggalkan si kecil di rumah ?  Pasti bunda mengandalkan ASIp untuk tetap bisa memberikan ASI Eksklusif ya.....

Dibawah ini adalah tabel untuk umur simpan ASI perah yang bunda sudah stock selama cuti melahirkan. Sudah di translate ke Bahasa.
PenyimpananTemperatureWaktu SimpanKeterangan
Di atas mejaSuhu Ruangan (hingga 25°C)6–8 jamTempat ASIp harus tertutup rapat dan disimpan di lokasi yang dingin; menutup tempat ASIp dengan handuk dingin dapat mempertahankan ASIp tetap dingin.
Insulated cooler bag-15 - 4°C24 jamPastikan Ice pack / ice gel tetap kontak dengan botol ASIp, dan cooler bag jangan di buka tutup.
Refrigerator 4°C5 hariSimpan susu di bagian dalam dari refrigerator yang suhunya lebih stabil dan dingin, hindari di simpan bercampur dengan makanan berbau tajam.
FreezerSimpan susu di bagian dalam dari refrigerator yang suhunya lebih stabil dan dingin. ASIp yang disimpan dalam waktu yang lebih lama walaupun masih didalam range waktu simpan di tabel ini masih dianggap aman, namun sebagian lemak susu akan mengalami degradasi dan menurunkan kualitas ASIp.
Freezer refrigerator 1 pintu -15°C2 minggu
Freezer refrigerator 2 pintu -18°C3–6 bulan
Freezer tunggal atau freezer buka atas -20°C6–12 bulan
Reference: Academy of Breastfeeding Medicine. (2004) Clinical Protocol Number #8: Human Milk Storage Information for Home Use for Healthy Full Term Infants Adobe PDF file [PDF-125k]External Web Site Icon. Princeton Junction, New Jersey: Academy of Breastfeeding Medicine. Available

Biasanya bunda meng”gilir” ASIp seperti apa bunda ?

Tahukah bunda jika ASIp yang di bekukan akan menurunkan kualitas nutrisinya, walaupun tetap ASIp beku lebih baik dari Susu Formula, tetap si kecil berhak mendapatkan ASI fresh looo..... 
Kalo sharing dari customer dan teman-teman saya, seringnya mereka mengatur jatah ASIp untuk si kecil berdasarkan FIFO (First in First Out), jadi yang di pompa duluan yang akan diberikan ke si kecil. Maka setiap hari si kecil akan menerima ASIp beku yang sudah di thawing semalam sebelumnya.
Ada juga bunda yang memberikan ASIp fresh, jadi ASIp yang di pompa di kantor hari ini akan di berikan esokan harinya, jadi ASIp yang sudah dibekukan hanya dipakai jika ASIp defisit, maksudnya ASIp yang di pompa lebih sedikit dari jatah yang biasa diberikan pada sikecil.

Nah ini ide yang sudah saya terapkan ke anak-anak saya, selama saya menjadi ibu menyusui, tujuannya adalah si kecil bisa mendapatkan ASIp fresh yang tidak kehilangan nutrisinya juga mengatur agar ASIp beku stock saya tetap bisa rolling sebelum habis umur simpannya. sayang banget kaan klo sampe kebuang :(

 Yang saya lakukan adalah......... 
ASI FRESH HASIL PUMPING  :  ASI BEKU DARI FREEZER

Jadi jika pada hari ini kita membawa pulang ASIp sekitar 400 ml, maka yang biasa saya lakukan setibanya daya dirumah adalah 
200ml masuk ke freezer 
200 ml saya simpan di refrigerator bawah. 
Sisa ASIp yang dibutuhkan saya turunkan dari ASIp beku yang sudah saya stock sebelumnya dengan sistem FIFO (First In First Out).

Dengan begini ASIp yang saya bekukan bisa terus berputar dan tidak sampai expired (6 bln di freezer). Dan sikecil juga bisa dapatkan ASIp segar juga.

Selamat mencoba bunda, and keep breast feeding ^__^